25 Maret 2007

Box.Net - Menaruh File di Dunia Maya

Pernahkah Anda jengkel waktu mengirim email dengan file attachment besar dan tidak bisa terkirim-kirim? Padahal sudah sedemikian lama menunggu? Sudah nunggu, suruh bayar lagi. Atau, pernahkah Anda kena semprot kolega Anda sesaat setelah Anda mengiriminya email dengan file attachment besar, namun dia tidak bisa membuka emailnya atau bahkan tidak bisa mendownload email-emailnya yang lain?

Atau, pernahkah Anda mengalami saat ingin mengirimi beberapa kolega di luar negeri atau provinsi lain, berupa VCD berisi dokumentasi kegiatan di lapangan atau laporan hardcopy via pos, diperhitungkan biayanya ratusan ribu rupiah? Padahal organisasi Anda belum ada alokasi biaya untuk itu?

Dan terakhir, pernahkan dokumentasi kegiatan jaringan kerja Anda diminta oleh semua anggota jaringan yang tersebar di seluruh penjuru dunia? Berapa duit yang Anda habiskan? Jika Anda pernah mengalami salah satu dari itu, saat ini sudah ada beberapa solusinya. Salah satu diantaranya adalah menjadi anggota di Box.Net.

Keanggotaannya boleh dipilih, mau gratisan atau mau membayar. Ini semua tergantung kebutuhan Anda dan organisasi Anda.





Apa itu
Box.Net? Tak lain adalah suatu layanan semacam harddisk virtual dimana Anda diperkenankan untuk menyimpan, berbagi dan mengakses file-file Anda secara online via internet. Anda mau menyimpan file film? Boleh. Foto, dokumen, atau file berformat pdf, juga boleh.

Jika Anda menyimpan segala macam file yang Anda miliki di Box.Net, Anda bisa melakukan beberapa hal. Pertama, bisa diatur hanya Anda sendiri yang bisa mengaksesnya. Atau hanya beberapa orang yang Anda ijinkan saja yang boleh mengaksesnya. Atau Anda justru ingin memberikan akses kepada semua orang, yang bahkan Anda tidak kenal sama sekali. Bebas.

Mosok. Ya tidak sebebas-bebasnya sih, lihat saja Privacy Policy-nya.





Untuk yang gratisan, cocok bagi semua pemula. Sekadar coba-coba juga boleh. Anda akan diberi tempat kosong blong sebesar kurang lebih 1 GigaByte. Cukup untuk 1 VCD khan?


Wah ya ndak cukup. Pilihannya ya jadi anggota klas Premium atau klas Professional.





Cara mendaftarnya gimana ya? Gampang. Masuk aja ke
Box.Net, lalu klik Signup, trus isi kotak-kotak kosong yang ada dengan mengikuti petunjuknya. Jadi dah.





Jika sudah jadi, dan kemudian Anda isi, kira-kira dalamnya akan seperti
ini. Yang ada tulisan Public atau Share di salah satu icon folder/file yang ada, berarti itu bisa diakses orang lain.





Jika Anda blogger atau organisasi Anda punya webblog atau website, isi "Kotak Ajaib" Anda bisa juga di-link ke sana. Atau bisa juga dipasang widget folder yang di-share tersebut dengan meng-copy text-code-nya ke webblog atau website Anda. Jadinya seperti
ini nih.





Semoga bermanfaat ya. Tabik.

-----

Hubungannya dengan perubahan sosial apa Om?
Segala macam file atau dokumentasi kita, jika bisa diakses banyak orang akan mempercepat orang menjadi pintar, bekerja lebih efektif, dan artinya bisa melayani lebih banyak orang. Makanya penting untuk mempromosikan tempat dimana kita menyimpannya.

1 komentar:

Admin [SDN Sirnoboyo] mengatakan...

artikel bermanfaat bro, makasih buanyak atas informasinya.

salam kenal